Bila Remote Play tidak ada

Apa pun masalah yang sedang Anda alami, bila Remote Play tidak ada, periksa dahulu koneksi internet, perangkat lunak sistem, dan aplikasi Anda. Untuk detailnya, lihat “Yang harus diperiksa dahulu bila Remote Play tidak ada”.
Bergantung pada situasi, Anda juga perlu memeriksa hal berikut ini:

Bila perangkat klien Anda tidak dapat menemukan konsol PS5 atau konsol PS4 yang Anda coba kontrol
Bila koneksi tidak stabil
Saat menggunakan Remote Play dengan data seluler

  • Sebelum mencoba menyambungkan dari jauh, periksa apakah perangkat Anda tersambung dengan benar saat berada di dekat konsol PS5 atau konsol PS4 yang Anda coba kontrol.
  • Bergantung pada konten atau cara menggunakannya, Remote Play mungkin saja tidak tersedia. Untuk detailnya, lihat “Pembatasan”.
  • Anda juga dapat mengunjungi situs web dukungan untuk mengetahui informasinya.

Yang harus diperiksa dahulu bila Remote Play tidak ada

  • Pastikan konsol PS5 atau konsol PS4 Anda dapat tersambung ke internet, dan Anda dapat masuk PlayStation™Network.

    • Di konsol PS5 Anda, dari layar utama, pergi ke Pengaturan > Jaringan > Status Koneksi, kemudian pilih Koneksi Internet atau PlayStation Network.
    • Di konsol PS4 Anda, dari layar fungsi, pergi ke Pengaturan kemudian pilih Jaringan. Pastikan mencentang Sambungkan ke Internet. Anda juga dapat memeriksa dengan pergi ke Tes Koneksi Internet, kemudian memilih Koneksi Internet atau Masuk PlayStation Network.
  • Pastikan perangkat lunak sistem di konsol PS5 atau konsol PS4 Anda telah diperbarui ke versi terkini.

    • Di konsol PS5 Anda, dari layar utama, pergi ke Pengaturan > Sistem > Perangkat Lunak Sistem > Pengaturan dan Pembaruan Perangkat Lunak Sistem, kemudian pilih Perbarui Perangkat Lunak Sistem.
    • Di konsol PS4 Anda, dari layar fungsi, pergi ke Pengaturan kemudian pilih Pembaruan Perangkat Lunak Sistem.
  • Pastikan PS Remote Play telah diperbarui ke versi terkini di PC Windows, Mac, atau perangkat seluler.
    Jika belum diperbarui ke versi terkini, jalankan PS Remote Play , kemudian ikuti petunjuk di layar Anda untuk memperbarui aplikasi.

Bila perangkat klien Anda tidak dapat menemukan konsol PS5 atau konsol PS4 yang Anda coba kontrol

  • Anda dapat menautkan perangkat (klien) secara manual untuk mengontrol perangkat kedua (host) dari jarak jauh. Setelah menyambungkan kedua perangkat ke jaringan yang sama, ikuti petunjuk di layar Anda.

    • Di konsol PS5 host Anda, dari layar utama, pergi ke Pengaturan > Sistem > Remote Play, kemudian pilih Tautkan Perangkat dan sebuah nomor akan muncul. Jalankan aplikasi PS Remote Play di perangkat klien. Masukkan nomor dari konsol PS5 host Anda ke dalam aplikasi di perangkat klien untuk menautkan kedua perangkat.
    • Di konsol PS4 host Anda, dari layar fungsi, pilih Pengaturan > Pengaturan Koneksi Remote Play, kemudian pilih Tambahkan Perangkat dan sebuah nomor akan muncul. Jalankan aplikasi PS Remote Play di perangkat klien. Masukkan nomor dari konsol PS4 host Anda ke dalam aplikasi di perangkat klien untuk menautkan kedua perangkat.
  • Remote Play menggunakan Port UDP 8572 untuk menyambungkan ke konsol PS5, konsol PS4, atau perangkat seluler Anda. Pastikan router, penyedia layanan internet, dan operator seluler Anda tidak memblokir port ini.
    Jika router memblokir port ini, Anda dapat menyiapkan penerusan port dan mengizinkan akses dari internet ke konsol PS5 atau konsol PS4 Anda. Dengan demikian, Anda mungkin dapat menggunakan Remote Play.
    Jika port tidak diblokir, atau Anda tetap tidak dapat menggunakan Remote Play setelah menyiapkan penerusan port, hubungi penyedia layanan internet Anda.

    Jika menggunakan data seluler, hubungi operator seluler Anda.

    “Penerusan port”, yang disebut juga “pemetaan port” atau “konversi alamat”, mengalihkan sinyal dari satu port (pintu masuk) tertentu ke port lain yang ditetapkan (pintu keluar).

  • Jika Anda tidak dapat memperoleh Jenis NAT, berarti lingkungan jaringan Anda tidak akan mendukung Remote Play. Anda dapat memeriksa Jenis NAT dengan menjalankan PS Remote Play dan mengambil tindakan berikut.

    • Di PC Windows Anda, pergi ke Pengaturan kemudian pilih Informasi.
    • Di Mac Anda, pilih Preferensi .
    • Di perangkat seluler Anda, pergi ke Pengaturan kemudian pilih Jenis NAT.

    Jika lingkungan jaringan Anda menggunakan Jenis NAT 3, Anda mungkin tidak dapat menyambungkan ke perangkat lainnya, dan Anda mungkin tidak dapat menggunakan Remote Play.

Bila koneksi tidak stabil

  • Kami merekomendasikan penggunaan koneksi berkabel untuk menyambungkan konsol PS5, konsol PS4, PC Windows, atau Mac Anda ke internet.
  • Kami merekomendasikan koneksi kecepatan tinggi dengan kecepatan unggah dan unduh minimal 5 Mbps. Periksa perkiraan kecepatan koneksi untuk konsol PS5 atau konsol PS4 Anda dengan cara berikut.

    • Di konsol PS5 Anda, pergi ke Pengaturan > Jaringan > Status Koneksi, kemudian pilih Tes Koneksi Internet.
    • Di konsol PS4 Anda, pergi ke Pengaturan > Jaringan, kemudian pilih Tes Koneksi Internet.

    Jika lingkungan jaringan Anda tidak mendukung kecepatan koneksi yang memadai, hubungi penyedia layanan internet atau operator seluler Anda untuk informasi selengkapnya.

  • Selama Remote Play, streaming video dan media lainnya di perangkat klien dapat menyebabkan video berkedip dan tidak diputar dengan mulus. Hal ini juga dapat terjadi jika perangkat lainnya di jaringan Anda menggunakan bandwidth dalam jumlah besar. Tunggu hingga mereka berhenti sebelum menggunakan Remote Play.
  • Jika Anda menggunakan Remote Play untuk mengontrol konsol PS4 dari PC Windows, Mac, atau perangkat seluler, pergi ke Pengaturan atau Preferensi di aplikasi PS Remote Play, kemudian pilih Kualitas Video Remote Play (PS4) untuk mengatur kualitas resolusi video yang lebih rendah. Hal ini mungkin membantu koneksi menjadi stabil, sehingga mungkinkan pengalaman Remote Play yang lebih mulus. Jika Anda menggunakan Remote Play untuk mengontrol konsol PS5 atau konsol PS4 (seri CUH-7000 / seri CUH-7100 / seri CUH-7200) Anda, kualitas video akan disesuaikan secara otomatis, bergantung pada status jaringan Anda.

Saat menggunakan Remote Play dengan data seluler

  • Gunakan Remote Play di lokasi yang memiliki koneksi stabil dan cukup cepat.
  • Memindah-mindahkan perangkat klien Anda akan menyebabkan koneksi menjadi tidak stabil, yang dapat mengakibatkan Remote Play terhenti atau terputus koneksinya.
  • Remote Play akan terputus bila Anda beralih antara data seluler dan Wi-Fi® selama penggunaan.
  • Bergantung pada struktur jaringan operator seluler Anda, Remote Play mungkin tidak tersedia, atau mungkin terputus akibat koneksi yang tidak stabil. Selain itu, kualitas video Anda yang buruk mungkin tidak meningkat.
  • Bergantung pada paket dari operator seluler, kecepatan koneksi dan penggunaan data Anda mungkin dibatasi. Dalam hal ini, Remote Play mungkin tidak tersedia. Untuk detailnya, tinjau kontrak dan paket operator seluler Anda, atau hubungi operator seluler.
  • Jika Anda melihat kode kesalahan, gunakan informasi berikut untuk referensi.

    0x81221101
    0x81221104
    0x81221105
    0x81221106
    Anda tidak memiliki koneksi yang cukup cepat untuk menggunakan Remote Play. Kami merekomendasikan koneksi kecepatan tinggi dengan kecepatan unggah dan unduh minimal 5 Mbps.
    0x81121102 Koneksi tidak stabil. Jika Anda pindah ke lokasi lain atau menunggu sebentar, Anda mungkin akan dapat tersambung.
    0x81221103 Jaringan seluler Anda sedang sibuk. Jika Anda menunggu sebentar kemudian mencoba lagi, Anda mungkin akan dapat tersambung.

Jika Anda masih mengalami masalah saat menggunakan data seluler untuk Remote Play, lihat “Bila perangkat klien Anda tidak dapat menemukan konsol PS5 atau konsol PS4 yang Anda coba kontrol” dan “Bila koneksi tidak stabil” untuk informasi tambahan yang mungkin membantu.